Permasalahan Dukcapil di Papua Pegunungan Ditangani Secepatnya

KBRN, Wamena: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Papua Pegunungan melaksanakan, Bimtek PIAK bagi Administrator Database (ADB) Dukcapil 8 Kabupaten cakupan. Paturi dari Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Ditjen Dukcapil Kemendagri mengatakan, peserta Bimtek menyampaikan sejumlah kendala yang dihadapi.

“Kami sudah mendengar langsung berbagai kendala yang dihadapi Dukcapil di masing-masing Kabupaten. Tentu, kita akan selesaikan secara teknis secepat mungkin, permasalahan-permasalahan yang ada,”ujar H. Paturi, SE., selaku pemateri dari Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Ditjen Dukcapil Kemendagri saat ditemui RRI di Wamena, Selasa (10/10/2023).

Dalam Bimtek yang berlangsung selama 2 hari itu, para peserta dibekali sejumlah materi. Kata Paturi, materi yang diberikan bertujuan, untuk meningkatkan kapasitas para ADB Dukcapil.

“Selama 2 hari, kami berikan materi terkait SIAK, pengolaan data, perekaman KTP Elektronik juga terkait Anjungan Dukcapil Mandiri atau ADM. Peserta juga diberi pelatihan teknis menggunakan peralatan yang ada, dalam melayani masyarakat di Papua Pegunungan khususnya dalam layanan dokumen kependudukan,”katanya.